Tips Sehat Saat Liburan

December 23, 2015
Author : Integra


healthy-holidays

Liburan adalah kesempatan besar untuk menikmati waktu bersama keluarga, menikmati kehidupan, untuk senantiasa bersyukur, dan merefleksikan apa yang penting. Kesehatan Anda dan keluarga tercinta merupakan karunia yang harus dihargai untuk itu, sudah sepatutnya dijaga.

Rancanglah jadwal penerbangan sebaik mungkin dan sesuai dengan waktu yang dimiliki. Pastikan anda memiliki waktu berlibur tidak terburu-buru agar anda memiliki waktu yang santai dan tenang. Tubuh membutuhkam waktu untuk beristirahat dan pemulihan setelah berlibur, hal ini berfungsi dengan baik untuk melawan penyakit. Penting juga untuk membawa obat-obatan, karena ini akan berguna saat sakit menyerang. Tips sehat selama berlibur lainnya, yaitu;

  1. Sering cuci tangan

Menjaga kebersihan tangan adalah salah satu langkah yang penting Anda dan keluarga lakukan agar terhindar dari penyakit. Karena kuman akan gampang menyebar melalui tangan kemudian tanpa Anda sadari kuman masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang Anda pegang. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air bersih yang mengalir dan gosokkan selama setidaknya 20 detik. Tutup mulut dan hidung dengan tisu ketika Anda batuk atau bersin.

  1. Tetap hangat

Suhu dingin dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, terutama pada bayi dan orang dewasa yang lebih tua. Tetap kering, dan berpakaian hangat atau mengenakan beberapa lapisan.

  1. Mengelola Stres

Liburan tidak harus mengorbankan kesehatan Anda dan menguras dompet. Jaga komitmen Anda dan selalu mengecek pengeluaran. Seimbangkan pekerjaan, rumah dan waktu bermain. Dapatkan dukungan dari keluarga dan teman-teman. Tetap santai dan berfikir positif. Pastikan Anda tidur tepat tepat waktu.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Perjalanan yang lama terkadang bisa menyebabkan pusing. Minumlah air putih yang cukup setiap hari agar tubuh tetap terhidrasi dan mencegah dehidrasi. Hindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol selama berlibur. Sangat penting membatasi asupan kafein selama dalam perjalanan. Mengkonsumsi lebih dari dua cangkir akan menyebabkan ketegangan saraf.

   5. Manfaatkan Waktu Kosong Untuk Tidur

Manfaatkan waktu tidur sebisa mungkin. Tidur kapanpun jika merasa kantuk, hal ini akan memberikan waktu tubuh beristirahat meskipun hanya 15 menit. Tidur juga membantu menyimpan energi untuk tetap sehat dan fit selama diperjalanan. Pastikan anda tetap mendapatkan istirahat yang cukup dan tidur yang nyenyak selama perjalanan maupun di tempat tujuan liburan. Lakukan peregangan dan beri kaki pijatan ringan untuk mengendurkan otot dan melancarkan aliran darag di kaki. Istirahatkan beberapa menit dan siap untuk menikmati liburan.