Migraine di Kantor? Atasi dengan Cara Ini!

February 3, 2016
Author : Integra


migraine1

Tiba-tiba terserang migraine di kantor pada saat pekerjaan tengah mengejar-ngejar Anda pastilah sangat menjengkelkan. Selain berdampak pada mood Anda seharian, tentu saja hal ini berdampak pada pekerjaan Anda. Produktifitas menurun drastis dan mungkin saja Anda tidak bisa menjalani rencana-rencana yang telah Anda susun rapi hari itu.

Migraine atau sering juga disebut sakit kepala atau pusing sebelah adalah nyeri kepala berdenyut yang kerapkali disertai mual, muntah. Penderita biasanya sensitif terhadap cahaya, suara, bahkan bau-bauan. Sakit kepala ini paling sering hanya mengenai satu sisi kepala saja, kadang-kadang berpindah ke sisi sebelahnya, tetapi dapat mengenai kedua sisi kepala sekaligus.

Migraine kadang kala agak sulit dibedakan dengan sakit kepala jenis lain. Sakit kepala akibat gangguan pada sinus atau akibat ketegangan otot leher mempunyai gejala yang hampir sama dengan gejala migrain. Migrain dapat timbul bersama penyakit lain misalnya asma dan depresi. Penyakit yang sangat berat, misalnya tumor atau infeksi, dapat juga menimbulkan gejala yang mirip migrain. Namun kejadian ini sangat jarang.

Penyakit ini kerap kali datang tanpa gejala terlebih dahulu. Ketika migraine datang di kantor Anda, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

  1. Minyak Lavender

Minyak Lavender yang kerap terdapat di produk penyegar ruangan memang dikenal memiliki sifat menenangkan dan membuat tubuh menjadi relax. Tidak heran Anda bisa menemukan aroma ini di tempat-tempat yang menawarkan relaksasi seperti salon dan spa.  Karena efek menenangkannya inilah Anda dapat menggunakan minyak lavender untuk menghilangkan migraine. Hiruplah minyak lavender yang diteteskan di air yang mendidih, kemudian pejamkan mata dan buatlah badan Anda sesantai mungkin.  Hal ini dapay memberikan bantuan pada migraine dengan cepat.

  1. Minyak peppermint

Selain minyak lavender, minyak peppermint juga sangat baik untuk menjaga aliran darah dalam tubuh. Oleskan minyak peppermint sebagai pendinginan di bagian otot yang nyeri dan membuat sakit kepala atau bisa juga dioleskan di dahi, tulang rahang dan belakang leher.
Minyak pepermint bertindak sebagai krim kortison alami yang mengurangi rasa sakit. Minyak ini dapat memperlancar buka tutup pembuluh darah agar sirkulasi oksigen masuk ke dalam aliran darah. Anda juga dapat menghirup minyak ini secara langsung atau dengan menempatkan dalam air panas untuk menghasilkan uap peppermint.

  1. Minum air putih

Salah satu yang dapat menyebabkan sakit kepala sebelah adalah karena kurang minum air putih atau dehidrasi. Itulah sebabnya jika Anda tengah kepanasan atau kehilangan banyak cairan Anda sering merasa sakit kepala sebelah. Hal yang harus Anda lakukan adalah konsumsi air putih. Duduklah dengan relaks lalu minumlah air putih secara perlahan. Sampai sakit kepala hilang, ada baiknya Anda tidak melakukan terlalu banyak gerakan. Istirahatkan dulu kepala dan tubuh Anda sampai sakit kepala hilang. Manfaat air putih memang sudah dipercaya dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan.

      4. Jauhi Sinar Komputer 

Selama bekerja mungkin saja Anda melihat komputer secara terus menerus. Hal ini memang dapat memicu munculnya sakit kepala. Jika penyebab sakit kepala karena radiasi sinar komputer, maka berhentilah menatap layar komputer. Keluarlah dari ruangan Anda dan mulailah mencari udara yang lebih segar.

  1. Memijat kepala

Berikutnya Anda dapat memejamkan mata Anda, karena memejamkan mata merupakan salah satu cara efektif untuk memberikan rasa tenang pada otot mata Anda. Tariklah nafas dalam-dalam. Lalu pijatlah kepala Anda di bagian yang sakit dengan memutar searah jarum jam. Hal ini dapat membantu meredakan sakit kepala dengan cepat.