Clean Eating

February 7, 2015
Author : integra


clean eating

 

Clean eating (makanan bersih) ini adalah istilah yang tengah ramai dibicarakn, baik itu di media sosial seperti twitter, instagram, path, facebook ataupun blog yang memuat tulisan lebih panjang.  Sebenarnya, apakah clean eating itu?  Clean eating adalah gaya hidup yang meminimalisir atau sama sekali menghindari makanan yang mengandung bahan pengawet, perasa buatan dan diproses pabrik.

Mulailah gaya hidup “clean eating” dengan meninggalkan makanan siap saji (junk food) yang kaya akan garam dan tinggi kalori. Awalnya akan terasa berat, tetapi anda akan terbiasa setelah melakukannya selama 8-12 minggu.  Mulailah mengkonsumsi daging utuh (whole meat), bukan daging yang sudah diolah atau dalam kemasan.

Tambahkan porsi buah dan sayur dalam menu makanan sehari-hari. Bukan hanya jumlahnya, tapi perbanyak juga jenisnya. Selain itu mulailah mengonsumsi biji-bijian seperti gandum utuh, oatmeal, dan biji-bijian lain yang merupakan sumber karbohidrat kompleks yang lebih baik bagi tubuh. Gantilah beras putih dengan beras merah. Anda juga dapat mengkonsumsi bekatul yang kaya akan serat dan vitamin.

Mulailah perhatikan label makanan yang akan anda beli. Telitilah sebelum membeli makanan yang akan anda konsumsi. Jangan percaya label yang mencantumkan klaim “whole white grain” pada roti yang anda konsumsi. Bacalah komposisi pada kemasan, seringkali produk sejenis masih mengandung tepung yang merupakan karbohidrat sederhana.

Jika masih ingin menikmati makanan dalam kemasan, pilihlah yang jumlah bahan penyusunnya sedikit. Usahakan untuk tidak mengkonsumsi makanan dengan komposisi lebih dari 5 jenis bahan, terutama jika tercantum bahan yang tidak jelas. Hentikan pula penggunakan bubuk penyedap rasa. Ada baiknya bubuk penyedap rasa digantikan dengan rempah-rempah segar, juga mulai  mengganti garam dapur dengan garam laut serta usahakan memakai bahan makanan organik dengan penanaman ramah lingkungan, tanpa pestisida dan rekayasa genetik (metode rekayasa gen tanaman agar bisa panen sebelum waktunya).

Clean eating mengacu pada gaya hidup secara keseluruhan dalam sehari-hari. Pola makan ini menyarankan untuk makan enam kali sehari dalam porsi kecil, olahraga 5-7 kali seminggu, minum cukup air putih dan tahu benar bahan-bahan yang Anda masukkan ke dalam tubuh. Minuman bersoda, alkohol, gorengan, gula pasir, margarin/mentega sudah jelas tidak masuk dalam kategori ini.

Masih butuh dorongan untuk melakukan clean eating? Banyak penelitian telah membuktikan manfaat dari clean eating. Mengonsumsi raw atau whole foods bisa mencegah berbagai penyakit mematikan (seperti darah tinggi dan diabetes), menjaga berat badan hingga membuat kulit dan rambut lebih bersinar.